Headline

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pengertian Syntax Pada Bahasa Pemrograman

Nulis Coding - Pengertian Syntax Pada Bahasa Pemrograman

Sudah sering menulis code tapi tidak mengerti apa itu syntax, atau anda masih pertama kali mencari arti kata syntax dalam bahasa pemrograman? Ini penjelasannya.

source: tqn.com

Pengertian Syntax adalah aturan menulis ‘kalimat’ agar mampu dimengerti dengan benar oleh bahasa pemrograman.
Aturan syntax ini secara baku harus dipenuhi, karena saat proses compilasi setiap baris script akan di-check dan dipastikan apakah Compiler benar2 mengerti maksud kalimat atau tidak. Jika terdapat syntax yang salah maka compiler akan melaporkan kalo ada bagian kalimat yang dia tidak paham atau mengerti atau istilahnya “error message” dan maka tidak akan meneruskan membikin bytecode-nya.

Dikutip dari Wikipedia:

Dalam linguistik, sintaksis adalah seperangkat aturan, prinsip, dan proses yang mengatur struktur kalimat dalam bahasa tertentu, khususnya tatanan kata dan tanda baca. Istilah sintaks juga digunakan untuk merujuk pada studi tentang prinsip dan proses seperti itu. [3] Tujuan dari banyak syntacticians adalah menemukan aturan sintaksis yang umum untuk semua bahasa.

Dalam matematika, sintaks mengacu pada peraturan yang mengatur perilaku sistem matematika, seperti bahasa formal yang digunakan dalam logika. (Lihat sintaks logis.)

Sebagai contoh syntax adalah:
– Untuk menulis isi (body) suatu kelas harus di awali dengan { dan diakhir dengan }

Nah, itulah "Pengertian Syntax Pada Bahasa Pemrograman" semoga bermanfaat, jika ingin menambahkan silahkan tulis dikomentar ya guys.


Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Syntax

Post a Comment

0 Comments