Headline

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pengertian Rule Based System pada Sebuah Program Sistem Informasi

Nulis Coding - Pengertian Rule Based System pada Sebuah Program Sistem Informasi

Rule Based atau rule base apakah itu? Seperti sebuah kata yang menjelaskan peraturan atau ketentuan tertentu. Lantas apa sebenarnya Rule Based System itu?


source: dailyevolver.com

Dalam ilmu komputer, sistem berbasis aturan (rule based system) digunakan sebagai cara untuk menyimpan dan memanipulasi pengetahuan untuk menafsirkan informasi dengan cara yang bermanfaat. Mereka sering digunakan dalam aplikasi kecerdasan buatan dan penelitian.

Biasanya, istilah Rule Based System ('sistem berbasis aturan') diterapkan pada sistem yang melibatkan seperangkat peraturan buatan manusia atau peraturan yang dikuratori. Sistem berbasis aturan yang dibangun menggunakan inferensi aturan otomatis, seperti pembelajaran mesin berbasis aturan, biasanya dikecualikan dari jenis sistem ini.

Pengaplikasian Dalam Kehidupan Sehari-hari

Rule based system dikatakan sebagai sistem yang digunakan sebagai cara untuk menyimpan dan memanipulasi pengetahuan untuk diwujudkan dalam suatu informasi yang dapat membantu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan. Berbagai aplikasi dapat dihasilkan dari konsep ini misalnya aplikasi dalam bidang medis. Pada bidang medis salah satunya adalah aplikasi yang dapat membantu seorang dokter dalam mengidentifikasikan suatu permasalahan kesehatan berdasarkan gejala yang telah diketahui.

Contoh klasik dari sistem berbasis aturan adalah sistem pakar khusus domain yang menggunakan aturan untuk membuat potongan atau pilihan. Misalnya, sistem pakar mungkin membantu dokter memilih diagnosis yang benar berdasarkan sekelompok gejala, atau pilih gerakan taktis untuk bermain game.

Sistem berbasis aturan dapat digunakan untuk melakukan analisis leksikal untuk mengkompilasi atau menafsirkan program komputer, atau dalam pemrosesan bahasa alami.

Pemrograman berbasis aturan mencoba untuk mendapatkan instruksi eksekusi dari seperangkat data dan aturan awal. Ini adalah metode yang lebih tidak langsung daripada yang digunakan oleh bahasa pemrograman imperatif, yang berisi daftar langkah-langkah eksekusi secara berurutan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai "Pengertian Rule Based System pada Sebuah Program Sistem Informasi" ada masukkan dan saran lain mengenai hal ini? Silahkan diskusikan di komentar ya guys.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Rule-based_system

Post a Comment

0 Comments