Headline

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Mau Jadi Programmer Website Dalam Waktu Kurang Dari 1 Bulan? Bisa Kok!

Nulis Coding - Kamu Mau Jadi Programmer Website Dalam Waktu Kurang Dari 1 Bulan? Bisa Kok!

Hallo para penggila teknologi, mungkin anda salah satu dari yang saya sebutkan disini. Karena anda sudah terlanjur memabac artikel ini berarti anda merupakan salah satu penggila teknologi juga. Hehe, nah artikel ini ditujukan kepada para newbie yang ingin memulai menjadi seorang programmer website. Nulis Coding menjabarkan dalam artikel "Mau Jadi Programmer Website Dalam Waktu Kurang Dari 1 Bulan? Bisa Kok!".

source: softwaysolutions.com

Di dunia yang serba digital ini mau tidak mau kalian harus mencoba untuk keluar dari zona nyaman yang selama ini membuatmu menjadi manusia paling malas yang hanya menerima jadi apapun itu. Mulai sekarang ubahlah dan perbaiki mainset yang menjadikan dirimu sebagai pemakan mie instan, eh. maksudnya barang serba instan. Nah, emang bisa menjadi programmer website kurang dari 1 bulan? mari kita coba dengan penjadwalan dan beberapa persiapan penting ini sebelum memulai.

Persiapan Menjadi Programmer:
1. Niat Yang KUAT!
2. Rasa ingin tahu yang tinggi
3. Kesabaran ekstra
4. Tetap tenang dan jangan mudah menyerah (ulet)
5. Berdoa dan Berusaha
6. Segera Mulailah, Jangan menunda

Nah, dari poin persiapan diatas nomer 1 itu sangat penting yaitu NIAT yaa guys.. nah kalo sudah benar-benar berniat maka semua poin diatas akan terpenuhi dengan sendirinya, selanjutnya mari terapkan praktik ini dalam jangka waktu yang akan kita tempuh.

1 Bulan = 4 Minggu

Memulai Praktik:

1. Minggu Pertama Persiapan Bahan dan Alat:
Pastikan anda memiliki Laptop atau Komputer, juga Koneksi Internet tentunya. Download Webserver (Apache) dan Database Paket tersebut bisa didownload di XAMPP Download. Setelah terdownload instal hingga selesai dan terinstall sempurna.

Setelah XAMPP terinstall dengan baik, selanjutnya masuk ke directory XAMPP tadi (defaultnya: C://xampp//htdocs//) nah didalam folder "htdocs" ini nantinya project besar kamu tercipta. wahh..!! hehe, secara default didalam htdocs tersebut sudah ada file dari xampp, kamu bisa menghapus semua. Sehingga folder benar-benar kosong.

Selanjutnya coba buka control panel XAMPP (icon X warna orang dan putih), kemudian pada apache dan mysql klik "Start" pastikan label berubah warna menjadi "Hijau" itu tandanya semua sudah sempurna, jika tidak berwarna hijau bagaimana? Maka install ulang XAMPP atau reboot dulu komputer/laptop kamu. Ulangi cara diatas untuk menyalakan XAMPP.

Sampai di sini persiapan bahan dan alat sudah selesai.


2. Minggu Kedua Tahap Percobaan dan Pembelajaran
Dalam pemrogramman website, ada satu file utama yang akan diakses pertama kali saat url dikunjungi yaitu "index.php" atau "default.php", sekarang cobalah membuat file "index.php" di folder htdocs tersebut. Simpan saja berupa file kosong.

Selanjutnya silahkan cek ke browser anda untuk melihat apa yang terjadi dengan program anda, pastikan dulu Mesin XAMPP sudah di "Start" ya guys.
Nah, jika browser kamu sudah siap coba kunjungi di address bar "localhost" tanpa tanda petik, kemudian ENTER. jika menemui blank page/halaman kosong maka kamu sudah siap masuk ke tahap berikutnya.

Kembali masuk ke folder htdocs untuk mengedit file "index.php" tadi, ketikkan kode (php) berikut:

<?php
echo "Hello World!";
?>

kemudian save file tersebut dan kunjungi kembali "localhost" anda melalui browser. Nah, nanti akan muncul tulisan Hello World!. Selamat anda hampir menjadi programmer web.


3. Minggu Ketiga Tahap Materi dan Referensi
Ada banyak referensi program yang dapat kita temui di Internet. Nah, berikut akan kami rangkum menjadi beberapa poin penting menurut tipe pembelajarannya.

- HTML Markup : https://www.w3schools.com/html/default.asp

- PHP Referensi  : https://www.w3schools.com/php/default.asp

nah, semua ada disana loh sudah lengkap dengan contoh code yang bisa kita copy paste langsung. Pada minggu kuasai setiap dokumentasi sebanyak mungkin dari sumber diatas.


4. Minggu Keempat Saatnya Menjadi Programmer!
Nah, dari 3 minggu sebelumnya kamu seharusnya pada minggu ini sudah siap untuk melakukan aksi heroik yaitu menerapkan hasil pembelajaran kamu menjadi sebuah program. Mulailah masuk ke folder htdocs dan utak-atik kode program anda, buatlah program sederhana kemudian publikasikan dengan mengupload ke freewebhosting. Nah, cari di google "free webhosting" daftar dan unggah project luar biasa kalian ya guys.

Semoga artikel "Kamu Mau Jadi Programmer Website Dalam Waktu Kurang Dari 1 Bulan? Bisa Kok!" membuat kamu menjadi bersemangat dan optimis untuk menjadi Hero!


Referensi:
1. https://www.w3schools.com/php/default.asp
2. https://www.w3schools.com/html/default.asp

Post a Comment

0 Comments