Headline

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Pengertian Linguistik Korpus Pendekatan Bahasa

Nulis Coding - Pengertian Linguistik Korpus Pendekatan Bahasa

Linguistik korpus adalah metode linguistik yang menggunakan data dari bahan-bahan bahasa yang terkumpul dalam suatu sumber yang disebut korpus atau korpora (sejenis "bank" bahasa) yang berasal dari penggunaan bahasa dalam berbagai genre, ragam, dan bahan lisan maupun tertulis yang menjamin keragaman yang seluas-luasnya dan menghindari penggunaan bahasa yang sangat sempit seperti idiolek.

source: nationalgeographic.co.id

Data tersebut disusun secara sistematis dan biasanya mudah diakses secara elektronis dengan komputer. Metode ini digunakan dalam linguistik deskriptif maupun linguistik terapan, seperti penyusunan kamus, untuk menjamin bahwa data yang digunakan benar-benar berasal dari penggunaan yang luas dan terhindar dari penggunaan subjektif.

Korpus Dalam Ilmu Bahasa
Korpus merupakan kumpulan dari be-berapa teks sebagai sumber penelitian bahasa dan sastra adalah korpus (McEnery dan Wilson, 1996). Kumpulan teks disebut kor-pus dengan syarat kumpulan teks tersebut digunakan sebagai objek dari penelitian ba-hasa dan sastra (Kilgarriff dan Grefenstette, 2003).

Korpus dibangun memerlukan energi yang cukup besar.  Korpus memiliki anggota dokumen teks dalam jumlah yang cukup banyak, bisa sampai jutaan dokumen. Pengum-pulan jutaan dokumen memerlukan waktu yang lama. Teks-teks dalam korpus disusun dengan sistematis (Nesselhauf, 2005) untuk memudahkan pengelolaan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun korpus adalah sebagai berikut :  a) Perencanaan dan rancangan korpus, b) Pemilihan sumber data, c) Ijin dari pemilik data, d) Pengumpulan data dan pengkodeannya, dan e) Penanganan korpus.

Tujuan dari tahapan dalam membangun korpus adalah rancangan korpus yang sesuai dengan ilmu bahasa dan biaya proyek serta administrasi. Beberapa hal yang berkaitan dengan ilmu bahasa yang perlu diper-hatikan dalam membangun korpus adalah : a) ukuran teks yang akan dijadikan sampel, b) rentang keanekaragaman bahasa (sinkronik) dan periode teks (diakronik) untuk bahan sampel.

Referensi:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Linguistik_korpus

Post a Comment

0 Comments