Headline

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Merubah Nama Banyak File Sekaligus Menjadi Huruf Kecil Semua Dengan PHP

Nulis Coding - Merubah Nama Banyak File Sekaligus Menjadi Huruf Kecil Semua Dengan PHP

Mengubah nama file menjadi huruf kecil semua dengan fungsi PHP. Mengubah menjadi huruf kecil dengan cara massal dapat ditangani dengan mudah oleh sebuah bahasa pemrogramman, kali ini kita akan menggunakan bahasa program website yaitu PHP.


source: Google Images

Nah kemarin ada yang bertanya kepada saya, mas gimana sih merubah nama file di sebuah folder secara bersamaan atau massal? Apakah bisa dengan program website?

Jawabannya adalah bisa, yupss.. kalian bisa kok mengatasi masalah ini tentunya dengan bahasa pemrograman PHP, baca sampai habis artikel ini yuk!

Bagaimana merubah nama file atau berkas menjadi huruf kecil semua? dalam suatu kasus kalian memiliki banyak file/berkas di komputer yang memiliki nama huruf kapital atau besar semua, selanjutnya kalian ingin merubah nama menjadi huruf kecil semua dalam sebuah folder sehingga tidak perlu merubah satu persatu.

Misal dalam kasus ini saya memiliki masalah dengan file / berkas gambar saya yang namanya berhuruf besar kecil dan berantakan, directori saya taruh ke 'c:\\xampp\\htdocs\\nuliscode\\images\\'

Lalu script fungsi ini akan saya simpan dengan nama "Proses.php" (tanpa tanda petik) kemudaian saya taruh di directory sama dengan lokasi gambar saya berada diatas.

Supaya lebih mudah kalian dapat mengikuti sama persis seperti apa yang saya lakukan, baik lokasi directory maupun nama file script ini nantinya.

Dengan bahasa pemrograman PHP kalian bisa mengatasi masalah ini. Untuk detail script dan fungsinya akan dijelaskan di bawah ini

Copy Paste Script di bawah kemudian beri nama dengan format file (.php) :

<?php
// Mengambil nama script kita sendiri agar tidak ikut dihapus
$namascript = basename($_SERVER['PHP_SELF']);
// Mencetak nama script kita
echo "Nama Script: ".$namascript."<br /><br />";
// Mengambil directory root / dasar
$directory = __DIR__."\\";
// Menampilkan lokasi directory root / dasar
echo "Directory Root: ".$directory."<br /><br />";
// Target directory yang berisikan file berhuruf besar
$directory = $directory."nuliscode\\images\\";
// Proses chcek folder
if($handle = opendir($directory)){
    while(false !== ($entry = readdir($handle))){
        if($entry != "." && $entry != ".." && $entry != $namascript){
            $old = $entry;
            // proses merubah huruf menjadi kecil
            $new = strtolower($entry);
            echo "SEBELUM: "$old." || SESUDAH: ".$new."<br />";
            rename($directory.$old, $directory.$new);
        }
    }
    closedir($handle);
}
?>

Setelah semua dirasa cukup, simpan script nya dengan nama sesuai selera kalian atau biar lebih mudah samakan saja seperti punya saya yaitu "Proses.php" (tanpa tanda petik), langkah terakhir yaitu proses eksekusi.

Nyalakan Control Panel XAMPP Kalian, start Appache dan mysql seperti biasa. Selanjutnya akses melalui browser misal punya saya menjadi: localhost/nuliscode/Proses.php

Done! kalian tinggal masuk ke directory images tadi dan lihat apa yang terjadi semua file berganti nama menjadi huruf kecil semua.

Sekian artikel tentang "Merubah Nama Banyak File Sekaligus Menjadi Huruf Kecil Semua Dengan PHP " semoga bermanfaat, Jangan Lupa share ke teman kalian supaya lebih bermanfaat dan ikuti Mr Nulis Coding di Facebook untuk mendpatkan informasi dan tutorial menarik lainnya.

Jika ingin menambahkan ilmu atau mengoreksi artikel ini, silahkan tulis saja di komentar bawah ya guys. Terimakasih. :)

Post a Comment

0 Comments